Sukses Digelar, Seminar Nasional Bahas Tren dan Jenis Penelitian Pendidikan Matematika

Oleh: Sri Lestari Mahmud . May 29, 2025 . 13:47:07

     

[Gorontalo, Mei 2025] – Program Studi Pendidikan Matematika sukses menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Tren dan Jenis Penelitian Pendidikan Matematika." Acara yang berlangsung pada 26-27 Mei 2025 ini dilaksanakan secara hybrid, memadukan partisipasi daring dan luring, sehingga menjangkau lebih banyak peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNG, Prof. Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi dalam penelitian pendidikan matematika untuk kemajuan dunia pendidikan.

Seminar ini menghadirkan lima sesi materi yang mendalam, membahas berbagai aspek penting dalam dunia penelitian pendidikan matematika. Rangkaian materi diawali dengan pengenalan mengenai tren penelitian pendidikan matematika terbaru, memberikan wawasan mengenai arah dan fokus penelitian yang sedang berkembang saat ini. Para peserta diajak untuk memahami inovasi dan tantangan dalam ranah tersebut. Sesi ini disampaikan oleh Hepsi Nindiasari, M.Pd., Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yang berbagi wawasan berharga dalam sesi pembuka ini.

Selanjutnya, sesi kedua membahas penelitian pengembangan. Materi ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai metodologi, tahapan, serta aplikasi penelitian pengembangan dalam konteks pendidikan matematika. Sesi ini disampaikan oleh Dr. Tedy Machmud, M.Pd.

Memasuki hari kedua, seminar berfokus pada jenis-jenis penelitian yang lebih spesifik. Sesi ini diawali dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang membahas bagaimana penelitian dapat diterapkan langsung di lingkungan belajar untuk meningkatkan praktik pengajaran. Pemateri untuk sesi PTK adalah Dr. Sumarno Ismail, M.Pd. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan tentang penelitian deskriptif, memberikan pemahaman komprehensif mengenai cara merancang dan melaksanakan penelitian untuk menggambarkan suatu fenomena, yang disampaikan oleh Dr. Majid, M.Pd.

Puncak pembahasan metodologi penelitian ditutup dengan sesi keempat mengenai penelitian eksperimen. Materi ini menguraikan prinsip-prinsip dasar, desain, serta analisis data dalam penelitian eksperimen, yang krusial untuk menguji efektivitas suatu intervensi atau program pembelajaran. Sesi ini disampaikan oleh Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd., seorang Guru Besar dari Program Studi Pendidikan Matematika UNG.

Yang menarik dari seminar ini adalah adanya sesi bedah proposal di setiap akhir materi. Dalam sesi interaktif ini, satu proposal terpilih dari setiap jenis penelitian (pengembangan, deskriptif, dan eksperimen) dibedah secara langsung oleh para pemateri. Ini memberikan kesempatan berharga bagi peserta untuk melihat secara konkret aplikasi teori ke dalam praktik penyusunan proposal, serta mendapatkan masukan langsung dari para pakar untuk penyempurnaan rancangan penelitian.

Antusiasme peserta terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan dan diskusi aktif selama sesi berlangsung. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal yang kuat bagi para mahasiswa untuk menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan inovatif di bidang pendidikan matematika.

Information

Agenda